Mahasiswi Bandung Mulai Lirik Linux


<br />

Bandung – Sudah kondisi yang umum jika jarang ada wanita di antara komunitas Linux di Indonesia. Tetapi di Bandung, para mahasiswi mulai meliriknya.

Di acara Hardy Heron Release Party di CommonRoom, Jalan Kyai Gede Utama No. 8 Bandung akhir pekan lalu, beberapa kaum hawa terlihat hadir mewarnai acara yang diselenggarakan Klub Linux Bandung (KLuB). Meski jumlahnya masih terbilang sedikit, namun kehadiran mereka sudah memperlihatkan bahwa perempuan juga punya keinginan untuk mempelajari Linux.

Beberapa di antara perempuan yang hadir, adalah Vera, Linda dan Sarah yang merupakan mahasiswa dari Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Tergabung dalam Pusat Pendayagunaan Open Source Software (POSS) di UPI, membuat mereka merasa untuk hadir dalam acara yang diselenggarakan hari Sabtu, tanggal 10 Mei 2008 lalu.

“Kami bertiga mau tahu tentang Klub Linux Bandung dan kegiatan yang sering mereka selenggarakan. Karena bagaimana pun juga, kami sudah menjadi bagian dari POSS UPI dan harus tahu bagaimana kegiatan open source di Bandung,” tutur Vera yang memilih angkat bicara saat ditanya di sela-sela acara.

Lebih lanjut mereka menambahkan bahwa POSS UPI baru saja berdiri dan bergabung dalam POSS Network di Indonesia. Sehingga perlu untuk membangun komunitas open source di UPI.

Saat ditanya mengenai ketertarikan mereka bergabung di POSS UPI, mereka mengaku awalnya hanya ingin mencoba sesuatu hal yang baru. Tetapi setelah bergabung, ternyata open source sangat menarik dan membuat mereka ingin tahu lebih dalam. Lebih dari itu, mereka juga berencana untuk bergabung di komunitas open source di luar kampus seperti Klub Linux Bandung dan KLUWEK, sebuah komunitas Linux di Indonesia yang dikhususkan untuk perempuan.(lom/lom)

Humas IGOES – detikBandung

Sumber : Detik – Senin, 12/05/2008 09:34 WIB

One thought on “Mahasiswi Bandung Mulai Lirik Linux

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s