Ciputra: Saatnya Pemuda Indonesia jadi Usahawan


Rabu, 28/10/2009 | 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – 81 tahun lalu, pemuda Indonesia menjadi pelopor dalam kebangkitan bangsa dalam bidang politik. Sekarang, dalam peringatan Sumpah Pemuda diharapkan menjadi pelopor dalam usaha membangun bangsa yang sejahtera dengan menjadi wirausahawan (entrepreneur). “Menjadi perombak menuju bangsa yang sejahtera, bukan merdeka, karena kita sudah merdeka. Caranya adalah menciptakan peluang kerja bukan mencari kerja,” kata Ciputra, tokoh wirausahawan Indonesia di Jakarta, Rabu (28/10).

Menurutnya berdasarkan data Februari 2008 ada 1,1 juta pengangguran lulusan perguruan tinggi. Jumlah ini terus naik, karena menciptakan sarjana mudah, tapi untuk menciptakan sarjana yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan adalah kerja yang tidak sederhana. “Ada penelitian yang mengatakan 3 dari 10 tukang ojek adalah sarjana,” ungkap Ciputra.

Lebih lanjut, ia menuturkan, ada 2 alasan mengapa generasi muda sekarang sulit menjadi usahawan. Pertama, karena kita telah dijajah selama 350 tahun. Selama masa itu kita tidak diberi kesempatan untuk menjadi usahawan, kecuali orang Tiongkok dan India. Kedua, pendidikan kita mengarahkan peserta didik untuk menjadi pekerja bukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. “Minimal 2 persen penduduk menjadi entrepreneur. Tapi Indonesia baru 0,18 persen atau 400.000 orang yang seharusnya 4,4 juta,” tutur Ciputra.

Untuk itu, ia berharap supaya generasi sekarang mampu memacu dirinya untuk menjadi usahawan. Sehingga mampu mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Peringatan Sumpah Pemuda menjadi saat yang tepat untuk memulainya.

ONE

Editor: Edj

Sumber : Kompas.Com

One thought on “Ciputra: Saatnya Pemuda Indonesia jadi Usahawan

  1. Wah saya amat sangat setuju postingan anda diatas. Sangat inspiratif….

    Masyarakat kita sudah lama terindoktrinasi menjadi pegawai. Indoktrinasi menjadi pngusaha harus terus digaungkan karena bangsa pedaganglah yang bakal menuai kemakmuran.

    Saya skan kembali lagi lain kali untuk melihat postingan anda yang lain yang pasti menarik dan inspiratif.

    Salam Sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s