Sistem Anda Paling Aman di Dunia?

Adakah sistem paling aman di dunia? Ketika terlintas pertanyaan ini di benak saya, pertanyaan ini menggelikan mengingat melimpahnya hacker kelas dunia yang terkenal telah membobol sistem yang katanya paling aman di dunia. Artinya selama sistem berada didalam sebuah jaringan internet, menurut saya sebagai orang awam di dunia internet, maka sistem itu dapat ditembus. Kita hanya bisa meminimalisir dan melakukan pencegahan baik itu backup data maupun perbaikan dini terhadap source code yang dijebol, untuk hal ini software open source jagonya karena sumber kodenya terbuka. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut dari para pakar IT lokal dan interlokal :
———————————————————————————-
Adakah Sistem Yang Aman?
by Romi Satria Wahono

Ketika ada pertanyaan, sebenarnya sistem seperti apa yang disebut benar-benar aman, maka mungkin jawaban yang pas adalah seperti apa yang dikatakan Eugene H. Spafford di bawah:


The only truly secure system is one that is powered off

, cast in a block of concrete and sealed in a lead-lined room with armed guards – and even then I have my doubts (Eugene H. Spafford).

Tentu bukan seperti itu yang kita inginkan. Kalau sebuah sistem atau komputer hanya kita matikan, masukkan ke ruangan yang tidak berpintu dan dijaga sepasukan militer, maka tentu sistem atau komputer tersebut tidak ada gunanya lagi bagi kita. Ukuran sebuah sistem yang aman diarahkan ke beberapa parameter dibawah:

*Sebuah sistem dimana seorang penyerang (intruder) harus mengorbankan banyak waktu, tenaga dan biaya besar dalam rangka penyerangan
* Resiko yang dikeluarkan penyerang (intruder) tdk sebanding dengan hasil yang diperoleh

Selengkapnya bisa dibaca disini

———————————————————————————-

Amankan Komputer Anda
oleh : Gildas Deograt Lumy, CISSP, CISA, ISO27001 LA
Koordinator Komunitas Keamanan Informasi
gildas@xecureit.com

1. Pastikan sistem operasi, aplikasi dan anti malware selalu terkinikan.
2. Gunakan piranti lunak berlisensi open source (gratis). Menggunakan
piranti lunak bajakan berarti mencuri dan mudah disisipi program
jahat (malware).
3. Hindari menggunakan aplikasi Internet file sharing (peer-to-peer /
P2P).
4. Pasang aplikasi pengaman yang mencegah serangan dari jaringan
(firewall) dan menghalangi aplikasi jahat (anti malware).
5. Banyak anti malware palsu berisi malware. Unduh anti malware
langsung dari situs pembuatnya.

———————————————————————————-


14 Tokoh HACKER Dunia yang di segani

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan. Berikut beberapa profile 14 Hacker Terbaik Dunia untuk saat ini :

1. Kevin Mitnick

Kevin adalah hacker pertama yang wajahnya terpampang dalam poster “FBI Most Wanted”.Kevin juga seorang “Master of Deception” dan telah menulis buku yang berjudul “The Art of Deception”.Buku ini menjelaskan berbagai teknik social engineering untuk mendapatkan akses ke dalam sistem.

2. Linus Torvalds

Seorang hacker sejati, mengembangkan sistem operasi Linux yang merupakan gabungan dari “LINUS MINIX”.Sistem operasi Linux telah menjadi sistem operasi “standar” hacker.Bersama Richard Stallman dengan GNU-nya membangun Linux versi awal dan berkolaborasi dengan programmer, developper dan hacker seluruh dunia untuk mengembangkan kernel Linux.

3. John Draper

Penemu nada tunggal 2600 Herz menggunakan peluit plastik yang merupakan hadiah dari kotak sereal.Merupakan pelopor penggunaan nada 2600 Hz dan dikenal sebagai Phone Phreaker (Phreaker, baca: frieker)Nada 2600 Hz digunakan sebagai alat untuk melakukan pemanggilan telepon gratis.Pada pengembangannya, nada 2600 Hz tidak lagi dibuat dengan peluit plastik, melainkan menggunakan alat yang disebut “Blue Box”.

Selengkapnya baca disini

———————————————————————————-


5 Hacker Terkenal Di Dunia

1. Kevin Lee Poulsen

Dikenal sebagai Former BLack Hat Hacker. Salah satu hacker paling jago dalam dunia hacking. Prestasi gemilangnya antara adalah menghack database FBI (ngeri gak situ gan…FBI loh ini) serta semua informasi bisnis rahasia yang dijalankan FBI, menghack saluran radio Los Angeles radio’s KIIS-FM (dari sini doi bisa memastikan kalau dia adalah penelepon ke-x).

2. Kevin Mitnick

Dinobatkan sebagai The Most Wanted Computer Criminal. Hack yang dilakukan yaitu hacking sistem carding (kartu) di bus LA, bahkan sampai menghack sistem pertahanan nasional USA termasuk juga FBI. Doi juga ngehack sistem Nokia, Microsoft, Sun Mycrosystem, Motorla, Fujitsu, ngehack hak akses full admin di IBM minicomputer di pusat belajar computer di LA. Doi juga pernah bertarung dengan salah satu 5 Top White Hacker Tsutomo Shimumora karena doi merusak jaringan komputernya. Kebayang kan serunya dua hacker berbeda jalan ini bertarung. Mantap lah…!!

3. Adrian Lamo

Dikenal sebagai Former Grey Hat Hacker.Kegemarannya adalah menghack perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft, Yahoo, Bank of America, hingga The New York Times. Dan doi adalah seorang gay.

Selengkapnya baca disini
———————————————————————————-
Ada lagi neh… :

Robert Lipka

Ditangkep ama FBI Hari jum’at tanggal Feb. 23, 1996 atas tuduhan mata2 untuk Uni Soviet pada tahun 1960an. Dia dulu kerja di National Security Agency dari tahunn 1964 ampe 1967.

“Mudge”

Salah satu dedengkot hacker yang sedang bersaksi atas perbuatanya hacking yang bisa membuat jaringan internet diseluruh dunia gak bekerja hanya dengan hitungan 30 menit…

Ehud Tenebaum atau “The Analyzer”

Ditangkep deket Tel Aviv oleh polisi anti hacker Israel. Nih orang berhasil nembus sistem keamanan milik FBI !!!

Gary McKinnon

Umurnya 40 Taon. Kalo menurut gw sih, hacker Nomor 1 di dunia ya si Gary McKinnon… Dia dituduh telah melakukan hacking terbesar dan terbanyak yang dilakukan kepada Jaringan komputer Pemerintahan di USA, tidak kurang dari 97 komputer (Diantaranya adalah US Army, US Air Force, NASA,) udah pernah dimasuki sama Mc Kinnon. Merugikan sekitar US$ 700.000,- . Ni Poto diambil di Pengadilan negeri di London, 10 Mei 2006.

Richard Pryce

Weiittsss…. jangan ketipu ama tampangnya bro…. Dia ini mahasiswa British Music… gak nyambung banget sih ama hacker.. tapi hal yang telah dibuatnya patut untuk diacungi jempol. Dia berhasil menembus sistem kemanan US Air Force dan Lockheed missile systems yang berbasis di USA !!! Gokil….


Tsutomu Shimomura


Nih dia nih… jagoanya…. Salah satu manusia yang sangat ahli di bidang sistem keamanan komputer. Orang ini nih yang ngalahin Kevin Mitnick. Dia bekerjasama dengan Federal USA untuk menangkap Mitnick yang berusaha menembus komputernya Shimomura…. Gokil…….

Selengkapnya baca disini

Siapa mau nyusul ?

Baca juga : Beberapa Buah Karya/Hacker yang menggemparkan Dunia

So…masihkah anda berpendapat bahwa sistem anda adalah sistem paling aman di dunia? Hati-hati jika anda atau staf IT anda menyatakan sistem anda adalah sistem paling aman di dunia, bisa jadi sistem anda jadi incaran para hacker🙂

2 thoughts on “Sistem Anda Paling Aman di Dunia?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s