Review Ubuntu 10.4 Netbook Edition


Ubuntu 10.4 Netbook Edition adalah sistem operasi berbasis Linux yang diperuntukkan kepada pengguna Netbook (Laptop mini yang biasanya memiliki ukuran LCD 7″-10″). Dan tentunya karena berbasis Linux dan menganut “mazhab” Open Source Software, anda dapat memiliki software ini dengan Gratis🙂

Kok bisa Gratis????

Begini jawaban dari Ubuntu :

Ubuntu is brilliant.
Sulit dipercaya oleh para pengguna jika aplikasi kami gratis. Jawabannya sederhana.

1. Karena open source.
Semua orang melakukannya – dari IBM ke Google, Firefox untuk Wikipedia – beberapa software terbaik saat ini didasarkan pada teknologi open source. kode bersama, berbagi upaya, berbagi prinsip-prinsip. Tidak ada biaya.

2. Dikelola dan didanai oleh Canonical.
Canonical adalah penyedia jasa utama konsultasi Ubuntu . Perusahaan dapat memilih untuk menerima pelatihan ahli, dukungan atau konsultasi dengan biaya yang berlangsung terhadap pengembangan lanjutan dari Ubuntu.

Apa itu Open Source?????

Awalnya diciptakan pada tahun 1998, istilah sumber terbuka keluar dari gerakan perangkat lunak bebas, kekuatan kolaboratif akan kuat sejak fajar komputasi pada 1950-an. Awal komunitas bertanggung jawab untuk pengembangan dari banyak sistem operasi pertama, perangkat lunak dan, pada tahun 1969, Internet itu sendiri.

Komunitas open source yang berkembang dan menawarkan beberapa ide terbaik dalam bisnis ini. Tujuannya tidak berubah: sistem bebas dan perangkat lunak harus tersedia bagi semua orang, dimanapun mereka berada.

Tanpa open source, banyak sistem dan aplikasi yang kami anggap sudah seharusnya tak akan ada. Semua pemain besar di komputasi berasal dari, atau berhutang besar untuk kreatif, komunitas open source, dan terus mengandalkan bakat dan keahlian ketika mengembangkan produk baru.

Dalam semangat open source, Ubuntu benar-benar gratis untuk men-download, digunakan, namun berbagi dan meningkatkan dan kapan saja Anda suka.

Mengagumkan….inilah kesan pertama saat saya pertama kali menggunakan Ubuntu 10.4 Netbook Edition di dalam mesin asisten saya IBMLenovo Thinkpad R51e.

Kesan pertama yang saya lihat adalah tampilan desktop yang sangat eye catching dengan icon-icon aplikasi yang berukuran besar. Dampak positifnya user fokusnya bisa lebih cepat jika ingin mencari aplikasi yang diinginkan dan bagi pengguna netbook seperti HP Mini, Axioo Pico, ukuran icon yang besar semakin membuat user nyaman.

Aplikasi yang bundling pada Ubuntu 10.4 Netbook Edition ini juga sangat mantaps…contohnya seperti EMPATHY (Aplikasi chatting multi client / bisa chatting facebook dan yahoo messenger skaligus) , EVOLUTION (Aplikasi email client yang cukup lengkap) dan GWIBBER (Aplikasi social networking client sehingga anda dapat update status Facebook dan Twitter sekaligus tanpa perlu browsing). Aplikasi ini terpampang jelas dalam satu paket pada bagian panel atas dengan icon bergambar surat.

Untuk konektivitas internet saya menggunakan Modem PCMCIA merek HUAWEI E630 dengan operator Kartu As Telkomsel paket Flash Unlimited. Tidak ada masalah berarti dalam penginstalan modem ini karena sudah auto detect tanpa perlu menginstal driver. Jika anda menggunakan Paket Internet dari Telkomsel anda hanya perlu mengubah APN : Internet dan Dial Number : *99#, Username dan Password tidak perlu diisi. Saya salut dengan tingkat kestabilan koneksi selama saya menggunakan Ubuntu Netbook Edition ini.

Untuk info selengkapnya, silahkan mampir di web resmi ubuntu yang beralamat di www.UBUNTU.com.

Selamat menikmati cita rasa baru sistem operasi masa depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s