Macroblogging Vs Microblogging

 

Tren microblogging seperti Twitter.com mengalahkan tren “macroblogging” (sebutan saya) seperti WordPress, Blogspot,LiveJournal, dll. Benarkah? Mari kita kaji bersama.

1. Finalisnya kita ambil aja sampel Twitter / Facebook untuk kategori microblogging dan WordPress / Blogging sebagai macroblogging. Hasilnya : seri.

2. Keduanya menyediakan fasilitas subdomain atau url gratis yang mengarahkan kepada website / blog personal kita. misalnya : facebook.com/namakita atau namakita.wordpress.com. Hasilnya : seri.

3. Facebook dan WordPress juga menyediakan hosting gratis (server sebagai tempat penyimpan data). Hasilnya : seri.

4. Facebook / Twitter bukan kaum aplikasi opensource yang source code nya bisa didownload dan dimodifikasi. Tapi khusus WordPress non blogspot, menyediakan aplikasi yang bisa dipelajari,dimodifikasi sesuai kebutuhan. Pemenang kategori ini : WordPress.

5. Semua data-data kita baik teks maupun multimedia disimpan dalam server Facebook/Twitter, jadi ketergantungan kita terhadap keamanan data-data kita sangat tinggi, bayangkan bila servernya mereka macet atau bahkan hancur, data-data kita nggak bisa diakses dan hilang (jika tidak ada backup dari pihak mereka). Sedangkan WordPress menyediakan dua pilihan, karena aplikasinya bisa didownload, kita bisa menggunakan server pribadi atau server yang disediakan gratis oleh WordPress. Artinya jika kita bisa memiliki server pribadi, kita memiliki kendali penuh terhadap data-data kita. Tanpa harus tergantung dengan orang lain. Belum lagi ada kabar di Term/Service Facebook bahwa setiap data-data yang diupload di Facebook akan menjadi hak milik facebook. Jadi kalo, pihak Facebook mau menjual karya-karya kita sah-sah saja, karena kita sudah “tanda tangan” menyetujui salah satu syarat bergabung di Facebook yang jarang kita perhatikan itu. Pemenangnya : WordPress.

6. Anggota Facebook/Twitter saat ini lebih banyak daripada anggota yang bergabung di WordPress/Blogspot. Pemenangnya : Facebook/Twitter

7. Segini dulu ya……lagi ada deadline lain neh, ada yang tambahin silahkan🙂

One thought on “Macroblogging Vs Microblogging

  1. kalau lewat twitter dan blogspot bisa dapat duiat (banyak follower di twitter bisa menghasilkan, sementar banyak pengunjung di blogspot juga bisa dijadikan sumber penghasilan) kalau di facebook dan wordpress saya kurang tau🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s