Inilah Jajanan Bandung yang Ada di Aceh

Makin lama makin banyak jajanan Bandung yang sedang tren di Aceh. Bukan hanya makanannya tapi penjualnya langsung impor dari Bandung🙂. Dari hasil pantauan saya selama berkeliaran di seputaran Banda Aceh, ada beberapa daftar jajanan Bandung yang ada di Aceh dan pernah saya lihat selama 6 tahun tinggal di Bandung.

1. Roti Bakar Bandung

Roti bakar bandung harganya kisaran Rp.10.000 – 15.000

2. Siomay

Siomay ga tahu harganya, mungkin kisaran lima ribuan soalnya jarang makan.

3. Tahu Sumedang

Tahu sumedang jarang ditemui, saya biasa beli sepulang syuting di TVRI, di ketapang depan pante pirak, disebelahnya ada bubur ayam + soto semarang enak, beli sekalian aja, Bubur Ayam + Soto Semarang + Tahu Sumedang………Alhamdulillah……nikmat….Awas jaga jgn sampai kekenyangan nanti mengundang penyakit, makan secukupnya dan bagi ke tetangga ya🙂

4. Bubur Ayam

Ini unik, dijualnya sore bukan pagi seperti di Bandung karena masyarakat Aceh ga biasa sarapan pagi pakai bubur🙂 duh..bikin ngiler…Harga Kisaran Rp.8.000 – 10.000

5. Nasi Goreng Panas

Kenapa saya tambahkan kata panas? karena di Aceh, ga ada nasi goreng yang langsung di masak maksudnya nasi sudah disiapkan sejak sore sampai malam,dijual dalam keadaan ready to bungkus, termasuk fast food lah…makanan cepat saji ga perlu nunggu di masakin dulu jadi kalau belinya sore mungkin masih panas tapi kalau malam, dah keburu dingin. Beda dengan nasi goreng jakarta atau di bandung yang begitu pesan, langsung dimasakin dulu, nunggu….trus bedanya dengan di Aceh, nasi goreng Bandung atau nasi goreng seafood ini dicampur semuanya mulai bumbu,pecin,udang,cumi, sampai telor, kecuali telor nya mau dipisahin… Harga Rp.10.000.

Beda dengan nasi goreng Aceh, nasi goreng sudah siap tinggal milih lauknya, mau pakai ikan, ayam, telor mata sapi atau dadar, harga Rp.5000 (porsi stengah) – 12.000

6. Es Cendol Bandung

Agak beda sikit sih dengan yang di gambar, es cendol bandung di Aceh hanya biasa ditemukan saat bulan ramadhan saja, sirupnya warna pink, kalau yang gambar diatas disini es dawet, pakai santan, gula merah cair. Harga Rp.2.500 – 3.000. Tapi kalau karena dibungkus, isinya banyak bisa buat dua gelas. Hemat kan🙂. Nah, beda dengan es cendol di Aceh, isinya lengkap, ada kacang hijau, ada cincau, banyak deh, bisa dicari di depan pasca sarjana UIN Arraniry, Darussalam, berderet tu cemilan asik, mulai kelapa muda alami ( harga flat Rp.5.000 mau pakai es, tambah sirop merah cap patong atau ga) sampai pecal,gado-gado. Oh ya, harga es cendol Aceh Rp.5.000 Flat Price, mau pakai es atau ga.

7. Es Dawet

Mirip es cendol bandung tapi pakai santan dan gula merah. Harga @Rp.3.000 – 4.000

8. Sop Buah

Sop buah baru aja jadi tren di Banda Aceh, padahal di Bandung udah lama banget apalagi yang dibelakang gedung sate,Bandung antrinya ga kuat…kalau di Banda Aceh baru-baru ini saya lihat pedagang es cendol di depan gedung pasca uin arraniry sudah alih usaha jualan sop buah. Teman saya juga ada yang jualan sop buah, Indatu Sop Buah. Untuk sop buah disini kisaran harga Rp.5.000 – 10.000

Ada tambahan dari yang lain, silahkan komen.

Sumber Gambar : Pencarian Gambar melalui DuckDuckGo.com – Mesin pencari yang tidak melacak anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s