Daftar Produk Aceh Bersertifikasi Halal 2012-2019

Beberapa waktu lalu, saya ditawarkan mengikuti pelatihan penyelia halal perusahaan yang diselenggarakan oleh MPU Aceh. Banyak hal menarik dalam pelatihan ini. Diantaranya, pemaparan dari LPPOM MPU (Majelis Permusyawaratan Ulama) Aceh yang menyampaikan standar operasional dalam penetapan produk halal. Saya menyimpulkan bahwa produk halal sangat penting karena dampaknya bagi masyarakat sangat luas. Bagi calon pengusaha muslim dalam bidang pangan, obat-obat-obatan dan kosmetik tidak cukup hanya mengandalkan modal, kemampuan saja. Bahkan sumber modal juga perlu diperhatikan apakah dari sumber halal atau tidak, karena akan berdampak pada masyarakat dan akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Masih banyak yang memotong ayam dengan cara tidak halal dan akhirnya pembeli memakan bangkai bukan ayam yang dipotong dengan cara yang halal. Penyembelihan ayam yang halal selain harus dilakukan oleh muslim, penyembelihan harus dilakukan dengan cara melingkar bukan lurus. Itu salah satu contoh bagaimana standar halal sangat ketat demi menjamin makanan yang bersih, suci, sehat dan berkah.

Demikian pun dengan produk, harus dipastikan menggunakan bahan dan proses yang halal. Bahkan yang mengagetkan saja, untuk bahan Gula saja harus bermerek dan halal. Jika tidak akan bermasalah dalam proses sertifikasi halal. Begitu detail dan indah sekali Islam dalam memberikan solusi dalam hal ini. Ini membuktikan produk-produk halal itu adalah produk-produk yang tidak sekedar terjamin dari sisi mutu tapi juga berkelas. Lebih berkelas dari sajian makanan ratu elisabeth di Inggris yang kita kenal sangat ketat dan detil.  Dalam islam bersih belum tentu suci, tapi suci pasti bersih.

Mari kita sama-sama mendorong industri halal menjadi prioritas dalam pembangunan khususnya di Aceh, apalagi di Aceh satu-satunya yang sudah menerapkan syariat Islam, aneh jika industri ini tidak jadi prioritas. Sementara sudah terbukti daya tarik Aceh adalah dari sisi kehalalannya. Aceh pernah mendapat penghargaaan sebagai destinasi wisata budaya halal terbaik dunia dan wisata halal unggulan di Indonesia. Branding dan integritas Aceh sebagai daerah halal sangat kuat karena riwayat sejarahnya. Bahkan, konon kabarnya, seorang teman curhat kepada saya, Australia siap memasok sapi ke Aceh sebagai hub, untuk dijual ke Thailand. Karena nama dan integritas Aceh dalam syariat Islam dan halal sangat kuat. Hal ini perlu kita jaga bersama.

Semoga tulisan ini dapat menggugah pengambil kebijakan dan kelak negeri kita menjadi pusat industri halal dunia, diberi pemimpin daerah yang peduli dan fokus pada industri Halal. Indonesia saat ini sangat tertinggal dalam bidang industri ini masih kalah dengan Malaysia dan Thailand.

Berikut adalah link daftar 700 Produk Bersertifikasi Halal LPPOM MPU Aceh (2012-2019) : 

https://mpu.acehprov.go.id/index.php/page/41/daftar-produk-bersertifikasi-hal

Semoga bermanfaat.

 

*Tulisan ini pernah diposting pada akun facebook saya pada 14/7/2019.. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: