Jangan Buka Link Kuota Gratis

Harian Serambi Indonesia (8/7/20017)

Informasi ini sudah disampaikan sejak tiga tahun lalu, dimuat di Serambinews.com pada 9/7/2017 dan 7/7/2017.

Belakangan pada bulan Maret 2020 dan beberapa hari lalu, modus penipuan hadiah pulsa dan internet gratis masih meneror masyarakat sampai hari ini baik itu melalui media pesan instan whatsapp dan sms.

Pencarian google diakses pada 14/4/2020

Ada beberapa tips bagi yang mendapatkan penawaran kuota atau internet gratis dengan berkedok beragam rupa. Sehingga diharapkan kita dapat membedakan mana informasi resmi dan penipuan.

  1. Nomor Kontak
  • Modus : Penipu biasa menggunakan nomor seluler acak walaupun juga memungkinkan menggunakan nomor premium.
  • Tindakan : Abaikan dan laporkan ke situs resmi polisi atau operator bersangkutan agar pelaku dapat dilacak dan nomor dapat diblokir oleh operator

2. Alamat Website Palsu

  • Modus : Pelaku penipuan kuota gratis memanfaatkan masyarakat awam yang tidak paham tentang alamat website resmi dan membuat nama/alamat website (domain) menyerupai alamat resmi institusi atau operator. Contoh : www.telkomsel.gratis100gb.pulsai.net/klikdisini. Ini bukan alamat resmi website telkomsel tapi penipu mencoba mengelabui orang awam dengan membuat subdomain nama operator resmi. Modusnya, jika kita tergoda untuk klik, maka data pribadi kita dapat disadap, atau perangkat gadget kita dapat dipasang virus, malware, spyware tanpa kita sadari.
  • Contoh : alamat resmi website telkomsel adalah www.telkomsel.com (tanpa www juga bisa diakses) bukan seperti alamat website diatas. Jadi jangan pernah klik sebelum mencari tahu terlebih dahulu alamat asli yang disematkan dalam link/alamat website palsu yang disebar penipu.
  • Tindakan : Jangan diklik apalagi disebar. Jika diklik maka kita mengizinkan pemilik website penipu tersebut dapat mengakses perangkat gadget yang sedang kita pakai, baik itu laptop atau smartphone karena si penipu bisa saja menginstall virus, malware, spyware dan menyebarkan ke perangkat kita tanpa kita sadari.

3. Media Iklan Murahan

  • Modus : Pelaku penipuan penawaran kuota gratis biasa menggunakan media penyebaran iklannya menggunakan media murah seperti whatsapp, sms. Mereka jarang sekali bahkan tidak pernah menggunakan media-media mainstream untuk beriklan karena biaya iklannya mahal.
  • Tindakan : Pastikan dan kroscek informasi resmi penawaran gratis dari lembaga atau perusahaan resmi bukan bersumber dari sms atau whatsapp. Informasi resmi dari pemerintah atau swasta biasa menggunakan SMS Mask dengan nama pengirim badan/instansi terkait atau melalui nomor Whatsapp business yang sudah terverifikasi.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat dan jangan mudah tergiur dengan penawaran gratis dari media-media tidak resmi dan seolah-olah menyerupai media resmi. Klarifikasi langsung pada ahlinya atau petugas resmi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: